BUNGA TELANG DALAM WADAH TRADISIONAL


BUNGA TELANG DALAM WADAH TRADISIONAL

     
Suatu hari saya dapat kiriman cemilan dari seorang teman, Kelanting Singkong. Cemilan ini mungkin sudah sulit diperoleh diperkotaan, namun masih ada di daerah atau pasar tradisional.
Pada hari yang sama cucuku Lana datang ke rumah. Melihat cemilan Kelanting yang ada warna pink nya itu, dia berseru: Heiii…Buti (panggilan cucu2ku), how come you eat snack with food coloring!!
Akupun tidak bisa menjawabnya walau sebenarnya ingin menjelaskan bahwa itu kelanting dibuat dari singkong tapi aku ragu apakah anak usia 5 tahun sudah paham tentang singkong. 

     Ah tapi aku pikir, ini saatnya menjelaskan tentang pewarna alami yang bisa dipetik dari halaman rumah buti. Yah bunga telang adalah bunga yang bisa dijadikan pewarna makanan dan bisa dimakan (edible flower). Dulu bunga telang ini dikenal untuk mengobati mata.








     Maka pagi itu aku ajak dia ke halaman rumah untuk memetik bunga telang (Clitoria ternatea), bunga dari tanaman merambat yang warnanya cantik berwarna Ungu. Banyak nama lain bunga telang ini antara lain Butterfly pea, blue pea, pigeon wings. Sambil memetik bunga akupun sedikit menceritkan bahwa bunga telang ini bisa dimakan dan bisa sebagai pewarna makanan.

     Jadilah liburan dia di rumahku setiap pagi memetik bunga telang. Hari kedua, ketika matahari sudah muncul, diapun berteriak mengajak memetik bunga telang lagi dan minta aku mengambil wadah. Segera aku meraih piring lidi yang ada di dapur untuk dijadikan wadah bunga telang.  Melihat piring Lidi itu, Lana bertanya: Wow so nice plate, Did you buy in Japan? Nampaknya dia pikir yang bagus itu dari Jepang. Saya jelaskan bahwa itu buatan Indonesia.



     Hari ketiga, dia mengajak lagi memetik bunga telang dan sama dengan hari sebelumnya, minta diambilkan wadah. Aku ke dapur dan hanya melihat ada besek (anyaman bambu). Ah Rupanya wadah yang asal aku ambil dari dapur itu dapat komentar kagum juga dari Lana: Is that also made in Indonesia? So nice. Traditional!!
Aku tidak tahu juga apa sebenarnya yang ada didalam benaknya tentang traditional, anak usia 5 tahun.


     Akhir dari journey memetik bunga telang selama 3 hari yang sudah Lana kumpulkan itu, menyaksikan bude Inem membuat minuman favoritku:  seduhan sereh + bunga telang dan lemon. Lana menyaksikan bagaimana bunga telang memunculkan warna ketika diseduh. Apalagi ketika ditambahkan lemon terjadi perubahan warna, dari warna biru muda, biru tua dan kemuadian ungu!!. Tentu tidak perlu menjelaskan manfaat antioksidan dalam bunga telang tersebut.

#bungatelang
#antioksidan
#duniaanak

Comments

Popular Posts