PILATES - OLAH GERAKKU



PILATES
 
Pernah punya resolusi awal tahun mau: “SEHAT”, “LEBIH SEHAT”, “LEBIH LANGSING”? Atau resolusinya hanya umum saja: “INGIN KEHIDUPAN YANG LEBIH BAIK DARIPADA TAHUN LALU”.
Saya sebenarnya termasuk yang tidak punya resolusi khusus di setiap awal tahun. Bahwa saya ingin selalu tetap sehat itu selalu ada dalam hati dan selalu ada dalam pikiran.
Lalu langkah apa yang diambil? Tidak susah-susah sih: setiap pagi minum perasan air jeruk nipis + air hangat. Lanjut sarapan Buah, sampai kenyang. Bisa dalam bentuk jus, bisa buah potong saja, atau smoothies. Untuk makan dgn lauk sih diupayakan lebih banyak Sayur.

Semua juga tahu bahwa untuk sehat tidak hanya dengan mengatur pola makan dan gaya hidup,  tetapi juga perlu olah gerak. Bicara tentang olah gerak, ini yang agak sulit sekali aku lakukan. Perlu kekuatan hati dan niat yang besar untuk melakukan olah raga.

Pernah mencoba ikut club fitness yang ada di mall. Sekalipun lokasinya tidak jauh dari rumah, tetap tidak membuat semangat untuk tetap bisa konsisten fitness. Lalu memutuskan menyedikan 2 peralatan fitness di rumah. Hanya satu tahun digunakan, selebihnya alat itu diam saja di tempatnya. 
Pernah mencoba ikut aktif senam sehat dengan karyawan kantor yang tidak jauh juga dari rumah, ternyata hangat-hangat tai ayam, pesertanya lama-lama menyusut.
Bagaimana dengan jalan pagi? Dulu lumayan sering dilakukan sambil menghirup udara yang sejuk dan segar. Sekarang jalan pagi hanya dilakukan saat akhir pekan atau hari libur saja, karena jalanan di sekitar rumah semakin padat oleh mobil dan motor yang lalu lalang. Berharap mendapatkan udara sejuk, yang ada malah menghirup polusi.



Jalan pagi saat matahari sudah menampakkan diri, sering juga dilakukan. Ditengah usia yang tidak lagi muda, perlu Vit D lebih banyak, Sinar matahari yang cukup bisa merangsang produksi vitamin D alami dalam tubuh. Vitamin larut lemak yang terkandung di sinar matahari ini memiliki banyak fungsi, antara lain membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Menurut ahli penyakit dalam, dr Siti Setiati, bahwa waktu terbaik mendapatkan sinar matahari bukan lah pukul 09.00 WIB karena belum memiliki Ultraviolet B yang dibutuhkan untuk mengubah vitamin D3 menjadi vitamin D aktif.  Dr. Siti menyarankan untuk berjemur dibawah matahari langsung diatas jam 9 selama 15 menit, karena terpapar matahari berlebihan dapat memicu kanker. Bagian yang disarankan lebih banyak kena matahari adalah wajah dan tangan atau bagian punggung dan kaki. Dianjurkan pula untuk menggunakan kacamata hitam demi melindungi mata. Yang ini (pakai kacamata hitam) belum pernah dilakukan.😼



Menyadari olah raga yang diandalkan selama ini untuk menjaga kehidupan yang sehat hanya jalan kaki, aku berkesimpulan bahwa olah ragaku tidak cukup untuk menunjang cita-cita tetap sehat di usia senja. Sampai suatu hari, pak suami mengeluh sering sulit nafas di malam hari. Setelah konsultasi dengan dokter ahli dengan rangkaian pemeriksaan laboratorium, alhamdulillah bukan penyakit yang serius, hanya sinusitis dan asam lambung agak tinggi. Rupanya asam lambung bisa memicu terjadinya sesak nafas. Kesimpulan lebih lanjut perlu Olah raga yang lebih terarah. Akhirnya kami mengikuti jejak anak kami yang sudah lebih dahulu Pilates. Pilihan pilates oleh anakku selain untuk menjaga kesehatan, lebih khusus untuk mengurangi nyeri karena scoliosis.



Awalnya, ragu juga ikut Pilates. Apa bedanya ya dengan Yoga. Yoga pernah juga aku ikuti, tapi tidak bertahan lama. Karena letak tempat Pilates tidak jauh dari rumah dan waktu latihan bisa disesuaikan antara waktu kita dengan waktu pelatih, maka aku putuskan ikut saja Pilates, sambil memberi semangat pada suami untuk olah raga yang lebih terarah dengan pelatih yang professional.

Akupun menikmati gerakan-gerakan pilates yang tujuannya memperbaiki postur tubuh dan tulang belakang, menguatkan otot terutama core muscle dan untuk mengembangkan keseimbangan tubuh. Tentu gerakan-gerakan Pilates ini membantu badanku untuk bisa kembali tegak karena akhir-akhir ini aku merasa badanku sering membungkuk. Selain itu gerakan-gerakan pilates membuat badanku lebih lentur dan banyak mengeluarkan keringat.

Sebagai generasi YOLD (Young Old) yang lahir saat Baby Boomer, harus tetap bisa sehat, punya semangat sehat dan tetap aktif. Keep Strong









Comments

Popular Posts